Semua Info tentang Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Apa Yang Dimaksud Tanaman Hias

Semua Info tentang Tanaman Hias di Dalam Ruangan – Definisi tanaman hias adalah semua tanaman hias yang meliputi tumbuhan entah itu berbentuk bebungaan, tanaman terna, tumbuhan merambat, tanaman semak dan perdu, bahkan pohon yang ditanam dengan sengaja sebagai penghias. Penghias disini maksudnya bisa untuk menghias rumah, ruangan, taman, termasuk penghias pada saat acara tertentu seperti upacara, pernikahan, bahkan kematian dalam bentuk karangan bunga.
Yang paling jamak yaitu tanaman atau bunga yang bentuknya cantik dan indah dan digunakan untuk mempercantik dan memperindah rumah atau ruangan pada umumnya. Untuk mempercantik dan menambah kesejukan ruangan, tanaman hias ruang atau dikenal dengan sebutan indoor plant sering dimanfaatkan orang sebagal pelengkap interior ruang. Tanaman tersebut ditanam dalam pot yang didesain menarik.

Bunga dan Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Setelah dijelaskan diatas apa itu yang dimaksud dengan tanaman hias, pada kesempatan ini kita akan membahas khusus bunga dan tanaman hias di dalam ruangan. Kita pasti sering bersantai di kafe, restoran, menginap di hotel atau bisa juga berkunjung ke rumah teman atau saudara, di lokasi-lokasi tertentu, di pojok-pojok ruangan bahkan di ekspose di atas meja atau di tempat resepsionis pasti ada bebungaan atau tanaman hias disitu.
Yang kita rasakan, bunga atau tanaman hias tersebut akan memberikan rasa nyaman tentram dan membuat kondisi yang membuat hati kita menjadi tenang. Itulah memang tujuannya. Selain itu, di bawah ini ada beberapa manfaat dan fungsi dari tanaman hias.

Jenis dan contoh tanaman hias

Imeilda Akmal, praktisi bidang arsitektur ruang, dalam buku “Indoor Pot Plant” menuturkan, tidak ada kriteria khusus yang membuat tanaman tertentu cocok diletakkan di dalam atau luar ruang. Tanaman luar pun dapat ditaruh dalam ruang asalkan sudah mengalami proses adaptasi dan perlakuan khusus agar tanaman dapat bertahan hidup di dalam ruang.
Perbedaan lokasi tempat tinggal initah yang menciptakan kriterla khusus yang sebaiknya dimiliki tanaman indoor. Kriteria tersebut meliputi suhu, ketersediaan sinar matahari, ketahanan tanaman terhadap kekeringan, dan kecocokan media tanam. Suhu alami umumnya lebih baik untuk tanaman dari pada ruang dengan pendingin. Itu karena tidak semua tanaman cocok berada dalam suhu dingin dan kering. Berikut ini contoh tanaman hias sesuai klasifikasinya :
  1. Tanaman hias yang cocok dalam ruangan yaitu tanaman berdaun lebar seperti anthorium, dan kuping gajah. Selain itu tanaman hias bunga, paku-pakuan aglonema, dan lili paris juga dapat menjadi pilihan.
  2. Tanaman hias yang cocok berada dalam ruang ber-AC antara lain, sansevieria (lidah mertua), sirih gading, dan beringin bonsai.
  3. Tanaman hias tahan panas dan cocok dengan cahaya penuh antara lain seperti kaktus, cordilyne, dan sansevieria.
  4. Tanaman hias yang dapat bertahan dalam tempat teduh dan cahaya sedang yakni palem ungu, anglaonema, dan calathea. Jenis anglaonema dan calathea juga dapat hidup dengan cahaya sedang.
  5. Tanaman hias berbahaya. Meskipun demikian, ada juga tanaman hias yang berbahaya yaitu seperti bunga Nerium Oleander (bunga ini dikabarkan mengandung racun oleAndarin dan Neriine yang bisa melumpuhkan system syaraf dan gangguan system pencernaan), bunga Sri Rejeki/ Daun Bahagia/ Beras Kutah dan bunga Terompet/ Kecubung. Namun ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun sangat disarankan agar kita tetap memawaspadainya.

Fungsi dan Manfaat Tanaman Hias

Tanaman hias penyerap polusi dan penyerap racun

Selain bermanfaat mempercantik ruangan dan memperindah rumah, ada tanaman-tenaman hias tertentu yang bisa menyerap polusi udara dan racun. Kami sadur dari nationalgeographic berikut ini ada beberapa tanaman hias yang bisa menyerap polusi dan racun tersebut, yaitu :

Tanaman Dracanea 

Tanaman hias Dracaena ini sering ditemui di salon-salon kecantikan yang menyediakan layanan pengecatan kuku, karena ternyata tanaman hias Dracanea ini dapat menghilangkan aroma cat yang cukup menyengat. Dengan batang-batang dan daun mengkilap, tanaman ini menyerap polusi lebih banyak dibanding tanaman hias lainnya.

Tanaman Jade

Tanaman ini juga dikenal sebagai pohon persahabatan, pohon keberuntungan, atau pohon uang, dan yang paling terpenting tanaman hias Jade bisa menyerap polusi yang berasal dari cat ataupun thinner.

Lili paris

Lili paris merupakan tanaman terbaik untuk menghilangkan etilbenzana, p-Xylenes, orthoxylene yaitu senyawa yang ditemukan dalam tinta, karet, lem, cat dan furnitur.

Tanaman hias lili paris
Tanaman hias lili paris

Bromelia

Tanaman hias Bromelia adalah tanaman dari suku nanas-nanasan yang bisa menyerap benzena, senyawa beracun yang berasal dari asap kendaraan dan asap rokok. Tanaman ini juga efektif dalam menghilangkan berbagai VOC lainnya.

Tanaman hias Bromelia
Tanaman hias Bromelia

Kaktus Opuntia

Tanaman hias Kaktus Opuntia mampu menyerap etil benzena, p-Xylenes, aseton, benzena, toluena, dan orthoxylene.

Cara Menanam Tanaman Hias, Merawat dan Membudidayakan Tanaman Hias

Agar tetap indah dan segar di lihat, tanaman hias sangat memerlukan perawatan. Kita juga wajib untuk menjaga kebersihan, rajin melakukan pemupukan, mengatur dengan benar tempat peletakan, dan aturan pencahayaan perlu diperhatikan.

Cara membersihkan tanaman hias

Yang sangat sering terjadi adalah helai daun pada tanaman hias tampak berminyak atau kotor karena debu yang menempel. Jika itu terjadi, tips untuk membersihkan tanaman hias dengan daun tanpa bulu tersebut adalah dengan membersihkan permukaan atas dan bawah saja dengan kain lembut yang telah dibahasahi. Atau cukup menyemprot bagian tersebut dengan air.
Sedangkan tanaman hias dengan helai daun berbulu sebaiknya tidak dibersihkan dengan kain basah melainkan dengan kuas kosmetik lembut.

Cara pemupukan tanaman hias

Semua tanaman membutuhkan unsur hara untuk bisa bertumbuh dengan sehat dan kuat. Hal tersebut juga berlaku untuk semua tanaman hias dan tanaman indoor. Tanaman hias perlu diberi pupuk dengan kandungan lengkap, meliputi nitrogen, fosfor, dan kalium. Untuk tanaman daun perbandingan kandungan pupuk sebaiknya 20:20:20. Sedangkan perbandingan pupuk yang tepat pada tanaman bunga perbandingan kandungan pupuk sebaiknya 15:30:15. Untuk tanaman indoor pupuk cair bisa jadi pilihan.

Cara mengatur pencahayaan dan penyiraman tanaman hias

Kenali pula jenis tanaman. Apakah tanaman dapat bertahan dalam kondisi kering atau basah. Ini dimaksudkan untuk menentukan frekuensi penyiraman tanaman. Faktor lingkungan yang memengaruhi pertumbuhan tanaman yakni pencahayaan. Meski dapat hidup di tempat teduh, tanaman ruang tetap membutuhkan sinar matahari. Karena itu, tanaman sebaiknya diletakkan dekat jendela yang terbuka agar mendapat sinar mataharl cukup. Bila memilih tanaman dengan kebutuhan cahaya tinggi, dapat diletakkan pada ruang berdinding kaca. Cahaya buatan juga dapat menambah kebutuhan cahaya tanaman.
Para spesialis tanaman di Clernson mengungkapkan, banyak tanaman indoor tumbuh dengan baik di bawah cahaya buatan dari lampu neon atau lampu pljar. Namun, pencahayaannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Melalui perawatan tepat, tanaman dapat tumbuh subur dan tampil indah menghiasi ruangan.
Demikian artikel Semua Info tentang Tanaman Hias di Dalam Ruangan. Semoga bermanfaat untuk Anda. (Sumber : Suara Merdeka Cetak, Wikipedia, nationalgeographic.co.id, eurekalert.org, dan health.com)

You May Also Like

About the Author: dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!